Pengalana Operasi Tibia Plateau Fracture

Sebelumnya, gue mau ngasih tau kalau yang gue rasakan itu, dalam bahasa kedokterannya disebut Tibia Plateau Fracture, tibia itu tulang kering, tulang terkuat kedua setelah tulang paha, karena tulang ini menopang sebagian besar berat tubuh manusia, CMIIW.

Operasi dijadwalkan tanggal 25 Mei, tapi karena gue masih sibuk ngurusin ini itu (Surat keterangan dari kepolisian, dll) jadi kayanya ga bisa hari itu. Malemnya, gue ngehubungin pihak RS dan nanya-nanya tentang operasi, karena gue harusnya masuk malam itu, tapi gue malah masih dirumah. Pihak RS bilang kalau dokternya kebetulan juga emang lagi sibuk, dan selama bulan puasa jarang praktek T_T huhuhu pihak RS bilang nanti gue bakal dihubungin lagi tentang jadwal operasinya.

Senin, 28 Mei malam gue dihubungi pihak RS, dijadwalkan buat operasi hari Rabu, tanggal 30 Mei. Karena pihak RS bilang butuh konfirmasi secepatnya, gue langsung meng-iya-kan tanpa pikir panjang. Abis nutup telepon, gue langsung deg-degan banget. Deg-degannya tuh lebih ke "Wah operasi tulangnya diapain yah?"

Selasa, 29 Mei 2018

Berhubung hari itu tanggal merah, poli di RS juga diliburkan, jadi lobi pintu masuk juga ditutup. Kalau ada pasien masuk bisa langsung ke IGD, atau kalau ada yang mau jenguk bisa melalui pintu samping. Gue sampe di RS sekitar pukul 12, dan langsung masuk ke IGD. Disana, ada beberapa berkas yang harus gue isi dan tanda tangan formulir persetujuan untuk diambil tindakan. Susternya juga sempet nanya kapan kecelakaannya, dan gimana kronologisnya. Gue lupa banget kalau gue kecelakaan udah hampir tiga minggu lalu wkwkwk dan gue malah bilang dua mingguan (dodol emang XD).

Gue disuruh berbaring soalnya mau diambil darah. Sebelum diambil darah, susternya nanya mau tiduran apa duduk, gue bilang duduk aja, kemudian gue memalingkan wajah (takut woy :(( ) abis diambil darah di tangan, kemudian susternya kaya ngelap daun telinga gue 

"Ambil dari telinga juga sus?"

"Iya, tahan yaa. Gak sakit kok, cuma kaya digigit semut"

Rasanya? cekit cekit, ini pertama kalinya soalnya diambil darah dari daun telinga wehehe sebelumnya ga pernah sama sekali jadi maap kalo norak wkwk.

Setelah itu susternya pergi, suster yang pertama dateng lagi dan bilang "Yuk, pindah ke ruangan. Tapi sebelumnya rontgen dulu yaa" kemudian gue diajak ke radiologi buat rontgen paru. Suasananya sepi banget ya karena polinya pada tutup sih, udah gitu di lantai 1 ga ada kamar inap, jadi ya emang sepi dan hening banget.

Selesai rontgen, gue dikasih gelang nama warna pink yang dipake di tangan kanan, lalu diajak naik lift buat masuk ke kamar inap. Mobilisasi selama dari rumah sampe ke kamar inap gue masih pake kruk, jadi ya lumayan lelet jalannya. Sampe di kamar inap, isinya kosong dan disana gue pasien satu-satunya. Satu kamar isinya 6 orang, dan gue satu-satunya penghuni kamar itu wkwkwk. Sendirian banget lo pit? HAHAHA.

tulisan fall risk ini karena gue pasien dengan resiko jatuh

Gue cuma rebahan di ranjang sambil nontonin hafidz Quran, gak lama kemudian ada suster yang dateng ngasih tau tata cara cuci tangan yang benar pake cairan antiseptik yang udah disediain di setiap ranjang. Biar gak kena kuman, katanya. Setelah diajarin cuci tangan, dateng suster lain yang mau test EKG buat persiapan operasi besok. Jadi di sekitar dada diolesin gel gitu, trus ditempelin alat yang rasanya kaya dijepit gitulah. Di pergelangan tangan sama kaki juga.

Btw hari itu gue masih puasa, jadi pas buka udah disediain makanan dari RS. Setelah Isya, ada suster yang masuk buat nyukurin bulu di kaki gue (eh ini penting gak sih buat diceritain? wkwkwk) soalnya kan kakinya mau dioperasi, susternya nanya bagian mana yang sakit, lalu di cukurin. Padahal pas sore gue udah bilang cukur sendiri aja, biar sekalian gitu maksudnya wkwk. Selain itu, susternya juga bawain microlax biar gue bisa BAB. Jujur aja ya, selama sakit itu gue jarang banget BAB, entah kenapa, mungkin perut gue pengertian kali ya gue susah ke kamar mandi jadi ga rewel (YAKALEEEEE). Selain itu emang prosedurnya selama operasi perut harus bener bener kosong, makanya diwajibkan puasa juga sebelum operasi.

Jadwal operasi gue itu jam 8 pagi dan harus puasa 6 jam sebelumnya, yah sekitar jam 2 pagi lah ya sekalian sahur haha. Sebelum gue tidur ada suster yang masuk dan ngasih tau kalau hb gue sedikit dibawah normal, jadi gue disuruh makan agak banyakan. Nanti malem dibawain roti buat makan, sebelum gue puasa selama 6 jam. Gue juga ditanya mau diinfus sekarang apa nanti aja, gue bilang nanti aja HUEHEHE gue masih takut disuntik lagi soalnya. Sebelum tidur, gue pasang alarm jam 2 pagi.

bulannya cantik >_<

Gue kebangun tepat jam dua pagi, bangunin nyokap dan minta ambilin roti yang udah disiapin. Ada 3 roti, dengan isi yang beda, dan gue makan yang isi cokelat kalau ga salah. Abis itu gue minum, dan tidur lagi sampe Subuh. Setelah subuh, suster masuk dan tangan gue pun diinfus :))

"Aduh, tipis banget" Susternya masih meraba-raba pergelangan tangan gue, "Jangan tegang ya, tangannya dikepal yaa" akhirnya disuntiknya ke nadi yang besar di pergelangan tangan.

"Takut disuntik ya bu anaknya?" tanya susternya sambil becanda

"Iya dia mah emang takut jarum suntik sus, dulu aja waktu ke rumah sakit abis disuntik mukanya ampe pucet banget haha" puas banget emak gue malah cerita :")

"Nanti pagi dokter internistnya ngecek ya, mungkin agak telat, istirahat dulu aja. Infusannya juga nanti kok dipasangnya"

Gue cuma ngangguk, kemudian tidur lagi.



Sekitar jam 7 dokter internist dateng dan ngecek keadaan gue plus liat hasil pemeriksaan kemarin (test darah, EKG, rontgen). Dokternya bilang "Kondisinya oke buat operasi kok" dan gue lega. Alhamdulillah. Soalnya semalem sempet kepikiran masalah hb yang rendah huhuhu.

Gue udah mulai deg-degan mendekati jam operasi, eeeh ada suster masuk bilang operasinya diundur jadi jam setengah sebelas siang. Sekali lagi Alhamdulillaaaaah karena gue bisa nyiapin mental lebih lama. Bukan karena takut operasinya, karena kalau dioperasi pasti dibius, gue lebih takut disuntik alergi. Sumpah ya itu tuh perih banget karena jarumnya bener-bener nembus ke bawah kulit :( dan bener aja. Gue lagi kepikiran eh ada suster masuk :))

"Permisi, mau suntik alergi obat ya"

"Yah yah yah" (cemen banget belom apa-apa udah meringis duluan hahaha)

"Agak perih yah, tahan yaa"

"HMMMPPHHHHH" sambil memalingkan muka kaya lagi ngambek ke pacar

"Perih ya?"

"Banget sus"

"Nah, udah kok nih"



Akhirnya beraniin liat bekas suntikannya. Sedikit bentol. Btw suntikan ini tuh buat ngetest pasien ada alergi obat atau engga. Nanti di bagian yang disuntik dilingkarin, kalau ada bintik merah berarti alergi, dan kalau ga ada, berarti ga ada alergi.

versi zoom in

11:00 WIB

"Fitria, yuk ke ruang operasi, udah dipanggil" dan gue pun dibawa ke ruang operasi. Sumpah deg degan banget dah itu rasanya kaya mau ketemu gebetan di kencan pertama #tsaaah. Gue banyak banyak berdoa aja dah tu, sampe akhirnya tiba di ruangan operasi. Gue pindah dari ranjang tempat tidur ke ranjang buat operasi. Oh iya sebelumnya gue udah ganti pake baju operasi dari setelah subuh, jadi gue bener-bener gapake apa-apa sejak subuh, untung gak masuk angin, LOL.

Sambil pindah ke ranjang, susternya nanya-nanya tentang gue, apa gue pernah operasi sebelumnya? Gue bilang pernah. Dimana? Operasi apa? Waktu gue bilang operasi fam, mereka langsung kaya yang cerita tentang fam gitu, tapi gue ga sempet dengerin lebih lanjut karena ranjang operasinya keburu didorong ke dalem WKWKWK.

DAN GUE PUN MEMASUKI RUANGAN OPERASI YANG SESUNGGUHNYA. JENG JENG JENG JEEEEEEEEEENG.

Gue, berbaring dibawah lampu operasi, ah kaya di film-film deh pokoknya. Operasi kali ini beda banget soalnya sama operasi gue lima tahun yang lalu. Kalau lima tahun yang lalu, gue baru masuk ruangan, diajak ngobrol dan bangun-bangun udah di ruang pemulihan, soalnya dibius total jadi gue ga tau apa-apa hahaha. Kalau sekarang, gue masih sempet lirik kanan kiri sebelum operasi.

Tangan kanan dan kiri gue ditaro di meja yang ada disamping kanan dan kiri. Dada gue ditempelin alat detak jantung, tangan kiri gue dijepit entah dijepit apa wkwkwk. Hidung gue dipasang selang oksigen. Pas dipasang beuuuh berasa lagi ada di pegunungan, sejuk banget. Tapi ya gitu, ruangannya tuh dingiiiiiiiiiiiiiin banget gue sampe menggigil -_- rasanya pengen selimutan aja woy hahaha.

Gak lama kemudian, dokter anestesinya dateng.

"Haduuuuuuh, kamu abis berantem dimana sampe kaya gini?" yakali woy gue berantem :( badan kecil gini belom mulai juga udah nyerah duluan gue hahaha.

"Ihh enggak berantem, ketabrak aku tuh"

"Yaudah, madep kiri dulu yah, mau disuntik dulu"

Gue pun menghadap ke kiri, lalu punggung gue disemprot apa gitu dingin dingin

"Tahan ya kalau sakit"

Tapi ga berasa sakit, ya berasa disuntik aja gitu tapi gak sakit :(

.

.

.

.

GUE MENCOBA MEMBUKA MATA DAN BANGUN BANGUN UDAH JAM 1!! -_-

Lah gue kaget kok udah jam 1 aja. Mata gue masih berat buat melek sih, gue cuma denger suara dokternya minta bor, trus kedengeran bunyi "nguuuung" eh gimana sih bunyi bor :( ya gitulah pokoknya HAHAHA. TULANG GUE LAGI DI BOR GAES. Gue tuh mau gerakin kaki tapi gabisa yakan, dan gue kaya "oooh gini rasanya dibius lokal" Mau lihat juga gabisa karena ketutupan tirai, mau tetep melek dengerin tapi karena gue ngantuk, yaudah gue tidur lagi aja :( Ya Allah.... kok gue kebo banget ya :(

Selesai operasi, gue langsung mual, persis kaya operasi pertama lima tahun lalu. Gue langsung huek huek tuh, dan susternya dengan sigap nanya "mau muntah ya?" gue cuma bilang "mual banget" kayanya sih disuntikin obat mual, tapi gatau juga sih soalnya gue merem huehehe, terus gue dibawa ke radiologi buat rontgen pasca operasi. Pas di lift, ternyata dokternya ikut naik lift juga wkwkwk. Trus doi bilang

"Operasinya udah selesai yah" gitu katanya, dan gue kebayang mukanya dia yang ramah banget itu (padahal guenya masih merem melek) trus gue cuma senyum lemah gitu wkwkwk. SAMBIL MEREM TENTUNYA.

Di ruangan radiologi, gue bisa ngerasain keknya kaki gue diangkat-angkat tapi ya ga berasa gitu kaki gue. Rasanya tuh kaya lo punya kaki, tapi gabisa lo gerakin. Bagian pinggul kebawah tuh berat gitu, ga berasa pokoknya. Yaudah sih gue merem aja lah ya soalnya kan ga disuruh pose ala mermaid kaya pas awal rontgen yakan :(

Abis dari radiologi, gue kembali ke rawat inap dan melanjutkan tidur gue ~ wahahaha. Selesai sudah rangkaian persiapan operasi sampai selesai, dan Alhamdulillah operasi berjalan lancar. Untuk cerita Post Operasi, dilanjut di post selanjutnya ya!

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top