Tibia Plateau Fracture Post OP



Assalamualaikum! I'm back! Kali ini mau cerita gimana sih pasca operasi kemarin, wehehe. Setelah sekian jam tidur-bangun-tidur-bangun, kesadaran gue mulai kembali sore harinya. Gue ngambil handphone buat ngabarin temen-temen yang nanyain gimana operasinya, dan gue bilang "Alhamdulillah operasinya lancar, makasih ya doanya" terima kasih semuanya yang udah doain! muah!

Sesaat setelah masuk ke ruangan setelah dari radiologi, ada dua suster yang ganjal kaki gue pake bantal biar posisinya lebih tinggi, buat mengurangi bengkak kayanya sih. Efek biusnya mulai hilang, karena gue bisa ngerasain ada perasaan nyut nyut di kaki gue. Walaupun belum bisa gerakkin kaki sepenuhnya karena paha gue masih rada kebas, tapi nyut nyutnya lumayan lah kerasa. Untuk kegiatan buang air, gue dipakein pampers, karena gue ga boleh kemana-mana dulu kan. Jangankan ke kamar mandi, duduk aja belum boleh :(

"Ma, kayanya efek biusnya udah mulai abis nih. Udah mulai berasa nih kakinya"

Gue penasaran mau lihat gimana bentuk kaki gue yang di dalamnya ada benda asing itu, akhirnya gue angkat selimut dan JENG JENG JENG~



Sore itu, nyokap gue izin pulang dulu karena mau ngambil beberapa barang kaya selimut, baju ganti, dan sekalian beli makanan buat buka puasa. jadi, gue sendirian tuh sampe malem sekitar jam 8an lah, selama itu pula susternya bolak balik ke kamar nanyain gue udah pipis apa belum, karena gue diharuskan untuk pipis. Karena belum bisa pipis juga, gue disuruh minum yang banyak biar pipis. Atulah masih kebas jadi masih belum berasa :(

Gue sempet panik karena masih belum bisa ngerasain bagian pinggang gue. Aduh padahal gue mau pipis tapi gimana mau pipis, masih kebas banget. Sekitar setengah jam kemudian akhirnya gue bisa merasakan yang namanya kebelet pipis, tapi tetep gak bisa HUHUHU gue manggil suster, dan susternya ngasih kompres dingin supaya gue bisa pipis. Akhirnya setelah 15 menit bisa pipis, Alhamdulillah. Betapa bisa pipis adalah salah satu nikmat yang harus disyukuri :( Buat yang suka nahan pipis, mending diilangin deh kebiasaannya, nanti kalau udah gabisa pipis, repot tau :(

PENDERITAAN PUN DIMULAI

Malam harinya, disaat nyokap gue asik nonton karma (walaupun akhirnya nyokap gue yang ditonton sama Roy Kiyoshinya) gue mencoba untuk memejamkan mata #tsah. Tapi susah, kenapa? KAKI GUE SAKIT BANGET. Beuh rasanya gak bisa dideskripsikan dengan kata-kata deh. Lebih sakit daripada liat gebetan lo jadian sama cewek lain. Parah. Ya bisa dibayangkan lah ya rasanya kulit yang abis disayat tuh kaya gimana, hmmmm. Gue cuma bisa meringis aja. Tidur pun cuma bertahan setengah jam, setiap setengah jam sekali, gue kebangun, dan meringis. Gitu aja terus sampe tengah malem. Nyokap gue juga bingung gak tau harus ngapain, mau dikompres juga gabisa karena kaki gue udah kaya lontong full perban dari paha sampe kaki xD.

Setiap jam, ada suster yang masuk buat ngecek keadaan sama infusan. Waktu susternya masuk, gue bilang ke susternya minta suntik obat anti nyeri (seharusnya sih 12 jam sekali, tapi gue ga tahan banget ama sakitnya, dan susternya ngebolehin. Jadi disuntikkin 6 jam sekali, dengan setengah dosis setiap suntik) Lumayan lah gue bisa bertahan tidur walaupun cuma sampe subuh huhuhu.

Paginya, suster bawain makan mie goreng sesuai requestan gue kemarin, plus susu cokelat. Sebenernya gue biasanya minum teh, tapi karena gue harus banyak minum kalsium, jadi gue minta susu. Gue masih belum boleh bangun apalagi duduk, jadi gue makan sambil tiduran -_- karena posisi makannya ga enak, jadinya gue cuma makan sedikit banget, susunya doang yang gue abisin wkwk.

Karena sisanya masih banyak, waktu piringnya diambil gue sampe ditanya

"Kok gak habis makannya ? Ga enak ya?"

"Bukan gitu, masih ga enak perut"

"Apa gara-gara ga ada sambelnya nih?"

"Nah iya, boleh tuh pake sambel hahaha"

Jujur ya, ini based on my experience, ini rumah sakit bagus banget deh pelayanannya. Staffnya tuh ya dari mulai satpam, sampe dokternya gak ada yang gak ramah. Bukan promosi sih, cobain aja sendiri kesini :)

Hari ini gue gak ditemenin sama nyokap, karena nyokap sibuk dirumah, akhirnya gue ditemenin saudara gue. Hari ini, hari pertama pasca operasi, ga ada yang aneh-aneh sih. Rasa sakitnya udah lumayan berkurang, tapi cuma sedikit wkwk. Gue dijadwalin buat fisioterapi hari ini sih buat belajar jalan, tapi kayanya diundur jadi besok. So, hari ini gue cuma tidur tiduran aja di ranjang. Dapet info juga kalau hasil fisionya bagus, gue boleh pulang, Yeay!

Sorenya, gue udah diperbolehkan buat duduk! Selain udah boleh duduk, disarankan buat gerak-gerakin kaki, biar gak kaku kakinya. Oh iya, pasca operasi obat-obatan yang dikasih gak banyak sih, cuma antibiotik sama obat mual, itupun dimasukkinnya lewat infus, bukan diminum langsung.

1 Juni 2018

Hari ini tanggal merah, so polinya libur lagi, yeay sepi! Jadi nanti gue pas fisioterapi gak malu karena diliatin orang, wkwkwk. Sekitar jam 9 pagi, gue dikasih tau buat ke ruangan fisioterapi, yang ada di bayangan gue, gue harus pake kruk jalan sendiri ke fisioterapi, eh ternyata engga. Ranjang gue didorong sampe ke ruangan fisioterapi di lantai satu, dan gue ditinggal sendirian di dalem.

Sebelum mulai sesi fisioterapi, kaki gue dikompres pake ice pack, buat mengurangi rasa nyeri. Bantal di kaki gue diambil dan kaki gue jadi letaknya sejajar sama kaki kiri.

"Aw, sakit "

"Iya, emang sakit, kompres dulu yaa"

"Sus, yang dipasang pen yang mana sih?'

"Loh, belum liat ya ? Nih liat deh, hampir copot tuh tulangnya"




"Ohh, ya ampun..." Adoh gue speechless banget liatnya. Tadinya gue kira pasang pen yang plat gitu, Alhamdulillah bukan, cuma dipasang screw, tapi dua biji! Gue kira mah cuma satu, mana gede-gede screwnya.

"Aku foto aaah"

"Nanti juga boleh dibawa pulang kok hehe"

Lima belas menit kemudian, belnya bunyi, kayanya bel buat kompresnya. Abis itu susternya nyamperin gue dan bilang "Yuk mulai fisionya"

Pertama, gue disuruh neken kaki gue, jadi belakang lututnya harus nempel di ranjang, awalnya sih masih dibantuin, tapi akhirnya gue coba neken sendiri, walaupun masih rada sakit sih. Setelah itu, gerakan bagian telapak kakinya didorong, dengan bantuan lagi tentunya hahaha. Abis didorong, ditarik. Gerakan selanjutnya, kaki digerakkin ke kanan, abis itu diangkat keatas (yaiyalah, kalo kebawah mah diturunin :( ) masing-masing gerakan dalam tempo 10x hitungan.

Selama fisio, gue ngobrol banyak sama susternya, eh gue manggilnya Ibu deh kayanya kemarin tuh hahaha. Asli ibunya asik banget. Kaya yang udah gue bilang sebelumnya, staff disini ramah dan asik semua, parah. Kita ngobrolin macem-macem dari mulai kecelakaannya, sampe ngomongin kampung masing-masing huahaha. Kata si Ibu, fisioterapi aja setiap hari biar cepet jalan lagi. Maunya juga gitu, tapi kan gue kerja yak :)))

Abis selesai gerakan tadi, gue disuruh duduk pelan-pelan, trus kakinya diturunin. Step pertama, adalah belajar berdiri. Mungkin buat yang gak biasa berdiri pake satu kaki, pasti oleng deh. Karena gue udah biasa, jadi gue bisa berdiri dengan lancar, walaupun si Ibunya agak worried liat gue. Abis itu gue disuruh jalan pake kruk. HAHAHAHA wah ini sih gue udah biasa.

"Kamu udah bisa ya pake kruk?"

"Udah dooong hehe"

"Wah yaudah kalo gitu ayo belajar jalan dulu yuk. Kruknya disesuaikan dengan tinggi badan yah, nanti pas jalan tumpuannya di lengan, jangan di ketiak, biar gak pegel" Gue sambil praktekkin apa yang beliau jelasin.

"Gini kan?"

"Iyah, nah pas jalan kruknya agak disamping ya, jangan tegak, agak miring, jadi kaya segitiga gitu"

"Ohh miring ya, soalnya aku selama ini pakenya lurus hehe"

"Iya, miring yaaa. Ayo sekarang belajar jalan"

Gue mulai jalan tuh ya, gue mah jalan lurus aja ya kearah depan, ehh diprotes WKWKWK

"Ehhh mau kemana? Jalannya ke kiri dong, ke situ mau main sepeda?" Si Ibunya sambil ngakak gitu, gue juga jadi ngakak WKWKWK soalnya disana banyak sepeda buat terapi gitu wkwkw.

"Ohh kesana, aku kira jalan lurus aja hahaha"

Gue pun jalan ke kiri sesuai arahan si Ibu. pas mentok, gue balik lagi ke arah si Ibunya.

"Wah udah boleh pulang ini mah, udah lancar pake kruknya hehe"

"Asiiik hahaha"

"Yuk tiduran lagi, nanti dipanggilin susternya buat ke kamar lagi ya" Gue pun dibantuin naik ke ranjang sama doi. Lalu dijemput lagi sama susternya buat balik ke kamar inap.

Kira-kira satu jam kemudian, ada suster yang masuk dan ngasih kabar kalau dokternya udah ngebolehin gue pulang, karena hasil fisioterapinya bagus, Alhamdulillah. Nyokap gue pun ke bawah buat ngurus administrasi. Gak berapa lama kemudian, nyokap bawa surat-surat kaya surat kontrol, surat izin sakit, dan obat. Obat yang dikasih ada obat nyeri, obat mual dan antibiotik yang harus dihabiskan.

Jam 12 siang gue udah boleh pulang, dibantu sama susternya pake kursi roda buat turun ke lantai satu. Alhamdulillah akhirnya pulang juga ~


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top