Bikin NPWP itu gampang!




Haaaaaaaaaai!!!!!!!!!!! Sorry I've been super duper busy lately jadi ga sempet nulis apapun,  udah gitu microsoft office di laptop gue gabisa dipake gatau kenapa jadi gue gabisa nulis apapun disini, hufffft.

Ngeles aja lo!

Bodo amat!

Okay, kali ini gue mau share pengalaman gue bikin NPWP sekitar dua mingguan yang lalu (Hello~~~~ lo kerja dari kapan baru punya NPWP sekarang? Wkwkwk. Menurut pengertian yang gue baca di internet, NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajaka. NPWP juga bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan umum loh guys! Contohnya bikin passport, bikin tabungan, beli rumah, dll.

Pembuatan NPWP itu berdasarkan domisili kita, tapi kalau diluar domisili bisa sih, asal ada surat keterangan, contohnya surat keterangan kerja. Kantor pajaknya pun sesuai dengan kecamatan yang tertera di KTP kita, misalnya gue, kecamatan gue adalah Kebayoran Baru, di Jakarta, ada 3 KPP Kebayoran baru.

Diantara 3 KPP itu, KPP Ahmad Dahlan yang jaraknya paling deket dari rumah gue. Sebelum gue bikin, gue sempet nanya ke tetangga gue tempat dia bikin NPWP, dan dia bilang dia bikinnya di KPP Pondok Pinang. Oke, tapi karena gue penasaran gue coba ke KPP paling deket dulu.

Sehari sebelum bikin, gue udah izin ke orang kantor kalo gue bakalan telat dateng kerja hari itu karena gue mau ngurus NPWP. Gue berangkat dari rumah sekitar jam 7 lewat, lima belas menit kemudian gue udah sampai di depan kantor pajaknya, disambut satpam yang berdiri depan gerbang “Lurus aja ya parkirnya” gue pun lurus ke parkiran yang ditunjuk satpam, disana ada tulisan “parkir khusus karyawan” gue tetep parkir disana, kalau ditegor, ya bilang aja disuruh satpamnya /heh wkwk. Di lapangan banyak yang pake baju batik dan kayanya mau apel gitu, gue dengan nyantainya jalan didepan mereka tanpa rasa berdosa :”””D (maafin yaaak :”D) gue langsung nyamperin satpam

“Pak, bikin NPWP disini bisa kan?”

“Bisa, tapi sesuai wilayah, emg KTPnya kelurahan apa ?”

“Gandaria Utara”

“Oh itumah di Pondok Pinang”

“Oh yaudah deh makasih ya pak!”

Ternyata bener kata tetangga gue, yowes gue pun langsung ngambil motor dan ngelewatin karyawan tadi yang pada pake seragam batik dengan tanpa dosa MUAHAHAHA maapin ya bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian~ saya salah KPP soalnya wkwk.

Gue pun segera meluncur ke KPP Pondok Pinang, pake acara muter-muter sampe nyasar ke Bintaro, setdah~ efek gak focus sih hahaha.

Akhirnya gue sampe di KPP Pondok Pinang! Yeaaay! Gue langsung masuk ke dalem, dan …


Hening.




Sepi banget.




Gue kepagian ya ?


Gue ngeliat ada dua bapak-bapak lagi ngobrol (CIEEEE) gue gangguin ah~

“Pak, mau bikin NPWP disini bisa kan ?”

“KTPnya Kelurahan apa ?”

“Gandaria Utara Pak”

“Oh bisa, ini ambil tombol antrian aja, trus isi yah” Bapak itu ngasih gue formulir buat bikin NPWP.

“Oke pak”

“Mau buat apa dek bikin NPWP? Disuruh kantor ya?”

“Biar cepet, gue jawab aja “Iya pak hehe”

Gue pun menjauhkan diri dari sang bapak-bapak dan mengisi lembaran tersebut dengan khusyu di salah satu meja kosong. Setelah selesai ngisi, gue duduk dan nunggu dipanggil. Lucky banget gue dapet antrian nomor 3, jadi gausah nunggu lama.

“Antrian no.3, ke loket 2”

Ya begitulah kira-kira pengumumannya, gue pun langsung memberikan formulir yang udah gue kasih ke Ibu-ibu didepan gue. Ibu tersebut langsung ngetik-ngetik di komputernya selama lima menitan dan treeetttttttt *ceritanya bunyi mesin cetak* NPWP gue jadi!!!! HAHAHAHA.

Ibu itu ngambil amplop cokelat dan ngasih NPWPnya ke gue “Jangan lupa lahor SPT ya mulai tahun depan”

“Iya bu, terima kasih yah” (sambil senyum manis dan berlalu meninggalkan si Ibu)

Sekian cerita gue bikin NPWP, ayo bikin NPWP, gak susah kok dan semuanya GRATIS alias tanpa dipungut bayaran. Paling lo Cuma harus bayar parkir, itupun seikhlasnya ^^.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top