Tibia Plateu Fracture Post OP & Fisioterapi





Assalamualaikum~

Senin lalu, 30 Juli 2017 tepat dua bulan pasca operasi, gue kontrol ke dokter buat lihat gimana perkembangan kaki gue. Seperti biasa lah ya harus dateng pagian buat ngambil nomor urut, sebelum berangkat staff RS menghubungi gue dan bilang kalau dokternya hari itu jam 11, okelah gue santai aja jam 9an baru jalan, ternyata di jalan muaceeeeeet parah jadi sampe RS jam setengah 11 huhuhu. Dapet antrean nomor 11 deh.

Sambil nunggu dokkternya, gue diajak ngobrol sama ibu yang habis lepas pen di kakinya, beliau pake pen cuma 7 bulan aja, dan ini yang mau gue tanyain ke dokter tapi lupa mulu (kebiasaan hahaha). Beliau juga bilang dateng pagi banget makanya dapet no.urut satu (terniat T___T). Sekitar jam 1 akhirnya tibalah giliran gue, JENG JENG JENG!! (pake backsound horror) gue sebenernya tegang banget, bahkan beberapa hari sebelum kontrol sampe kebawa mimpi terus, soalnya dokter Jose bilang kaki gue mau di-push sedikit huhuhu kan gue takut.

Begitu masuk ruangannya, seperti biasa disambut dengan ramah :3

"Kita udah tiga bulan ya operasi?"

"Dua bulan dok, tepat hari ini"

"Oh iya, 30 Mei ya?"

"Iya dok"

"Oke, sekarang berbaring trus kakinya ditekuk yaa"

"Gini dok?"

"Lagi, sampe 90 ya"

"udah dok segini"

"Belum 90 ah itu"

"Udah mentok dok segini" BWAHAHAHA gue gak tau iitu seberapa derajatnya tapi emang kaki gue belum nyampe 90 derajat sih -_-

"Oke, sekrang rontgen dulu ya, kita liat dulu perkembangannya"

Gue keluar lagi ke radiologi, trus berpose ala mermaid (asli pose favorit banget ini HAHAHA) nunggu lagi deh depan ruangan dokter Jose. Gak lama kemudian, gue dipanggil lagi masuk ke dalem.

"Sebulan lagi boleh napak yaa"

"Napak doang dok?" sumpah ini gue ngeblank apa gimana sih ya masa napak doang :((

"Ya sambil jalan dong haha"

"September udah boleh dong dok?'

"Agustus juga udah boleh kok, nanti bertahap ya, 25%, 75%, 100%"

ALHAMDULILLAH :")

"Sekarang fisioterapi ya, kita push sedikit kakinya"

"Oke dok"

Dari situ meluncurlah gue ke tempat pendaftaran fisioterapi, dan dapet jadwal jam 3 sore karena fisioterapi hari itu lagi full. Gue duduk aja di depan sambil makan gorengan trus minum teh yang bisa diambil secara free. Gak cuma teh sih, ada kopi juga hahaha. Jam 3 lewat gue mulai masuk ke ruangan fisioterapi.

Pertama, gue disuruh berbaring, terus kaki gue dikompres pake es gitu karena kata terapisnya kaki gue masig rada bengkak. Dikompres es sekitar 15 menit, beuh ampe kaki gue merah dah pokoknya, terapisnya bilang "mantep nih ampe merah" 

Abis dikompres es, kaki gue ditempelin alat yang nyetrum-nyetrum gitu. awalnya nyetrumnya di belakang doang, lama-lama nyetrumnya kaya berkerubung gitu sesekali dan gue kegelian HAHAHAHA norak banget emang, nyokap gue ampe nanya kenapa gue cekikikan, soalnya geli sih :(( Abis itu latihan terapi seperti biasa, neken lutut, angkat kaki keatas, kesamping, dorong tangan terapisnya pake ujung jari gitu, dan sebagainya.

Kemudian hal yang menyakitkan pun terjadi. Gue disuruh merangkak kaya bayi, badan gue diiket, dan gue ditarik paksa sampe dengkul gue tuh bnyi "krek" dan gue menjerit sejadi-jadinya T____T gue masih trauma banget inget dulu lutut gue ditekuk paksa, dan sekarang digituin lagi T_T gue nangis minta udahan tapi terapisnya bilang emang gue udah kaku karena dua bulan harusnya dilatih terus huhuhu. Istirahat bentar, trus digituin lagi dan malah terjadi tarik menarik antara gue dan terapisnya WKWKWKWK. FYI ibu di sebelah gue aja tuh sampe nangis karena liat gue semenderita itu cuma buat nekuk lutut :( betapa nekuk lutut adalah salah satu nikmat yang harus disyukuri emang :(

Gue nyerah hari itu, terapisnya ngajarin nanti dirumah dilatih terus kakinya biar lemes, gue sambil sesenggukan bilang iya huhuhu. Disemangatin terus biar bisa nekuk dan jongkok lagi ehehe. cemen banget emang, mungkin karena sebelumnya belum diinstruksikan buat nekuk lutut kali ya jadi gue kaget :(

Sebelum pulang, nyokap ambil hasil rontgen di radiologi, sementara gue nunggu di apotek, nunggu obat. Gue dikasih Ossoral sama Oscal Colcatriol sebanyak 30 butir, dan tanggal 30 gue kontrol lagi. Gue targetin sampe tanggal 30 gue harus udah bisa nekuk lebih jauh lagi. Bismillah :)

CONVERSATION

1 comments:

  1. Hi kak... Mau tau kelanjutan pemulihan kaka gimana,apakah skr sudah lancar nekuknya? Aku jg mengalami patah tulang yg sm spt kaka... Aku mau sharing sm kaka.. Makasih

    ReplyDelete

Back
to top